Kamis, 12 Mei 2011

Lady gaga dan judasnya


kemaren aku baru aja nonton video klip lady gaga yang baru diliris di youtube awal mei lalu yang berjudul Judas. kenapa aku bisa nyampek disana? pertama, waktu kemaren bukak youtube, "most viewed " video yang ada ada merupakan audio dari single ketiga di albumnya yang berjudul "the edge of glory" yang setelah didengar-dengar-sumpah-lumayan-keren, mengingatkan diriku bahwa mungkin saja klip untuk single sebelumnya setelah "Born this way", yakni "Judas" udah diliris dan yah... itu benar adanya. so exited to see it! yang kedua, karena aku memang lumayan respek sama seorang Lady gaga! maksudnya lumayan disini, ya lumayan. bukan berarti aku adalah one of her monsters and she's my mother monster, kayak penggemar justin bieber Indonesia yang menyebut diri mereka Belibers.nggak salah sih, but no. it's not really me.
aku mengaguminya karena keberaniannya dalam berkarya dan lagu serta klipnya susah hilang dari ingatan. intinya? dia keren.

nah, yang menarik dari video klipnya Judasnya ini yah... memang tak lain tak bukan pastinya tentang penghianatan. pastnya dia mendapat inspirasi dari kisah penghianatan seorang Judas Iskariot pada Yesus yang dituangkannya dengan sangat berani di klipnya ini.

Cerita di klipnya kurang lebih begini…
awalnya Gaga merupakan milik "Yesus", mereka sepasang kekasih dalam sebuah geng motor dengan semua anak buah yang patuh pada si "Yesus" termasuk di salah satu anak buah itu terdapat seseorang yang bernama "Judas" dan Gaga diam-diam masih mencintainya meski si "Judas" telah berkali-kali menghianati cintanya.
suatu hari terjadi pertengkaran dan mungkin si "Judas" ini jadi biang keroknya dan akan dihukum. Gaga mendapat semacam tugas untuk menghukumnya, atau entah apa aku juga kurang nangkap. Kelihatannya Gaga berada diantara dua pilihan, antara si Pria dengan mahkota duri (mahkota duri dengan Glitter!!) atau pria yang satunya lagi, soalnya aku juga melihat pada menit ke 03:27, pria dengan mahkota duri glitter dan berwajah tenang itu menggelengkan kepalanya. Entah apa maksudnya. Bisa saja “jangan lakukan ini padaku” atau “jangan lakukan ini padanya”.
namun setelah memikirkan bahwa hatinya ternyata untuk "Judas" dia malah mengarahkan pistolnya pada "Yesus" yang sepertinya kecewa dan sedih. Gaga dengan penuh penyesalan memohon maaf atas penghianatannya pada "Yesus" yang mungkin bahkan tidak akan pernah bisa diperbaikinya lagi. karena pada akhirnya, "Judas" toh tidak ada disisinya dan Gaga mati dilempari batu oleh para pengikut "Yesus" karena telah berkhianat.
tamat.

sebenarnya ini cerita yang sangat bagus dan cukup bikin sedih serta sangat berhasil untuk sebuah video klip. koreografi tariannya bagus, kostumnya bagus dan sangat bergaya Gaga, tidak membosankan dan layak untuk ditonton. Aku bahkan jatuh hati pada pemeran "Yesus" yang terlihat sooo cute!!

tapi seperti biasa klip-klip seorang lady gaga selalu mengundang kontroversi. untuk klip Judas ini banyak orang menganggap klipnya cukup menjijikkan karena dianggap sangat tidak menghormati Alkitab, bahkan tidak menghormati Yesus atau tidak menghormati agama. tidak sedikit orang yang menganggapnya sinting dan pemuja setan. setauku, dia katolik. ( yah... walau aku nggak melihat apa hubungannya)

kalau aku sih, cukup netral. aku berhasil mengerti apa yang hendak dia sampaikan, imajinasinya, karyanya, karena memang seperti itulah aku melihatnya. dia bisa saja menyampaikan sesuatu yang tidak berhubungan dengan Yesus atau Judas. mungkin saja orang lain yang bernama Antonio (Alejandro udah tamat.) atau siapa yang menjadi "Yesus" sebagai pemimpin geng bermotor, punya cewek yang namanya Gaga, diam-diam mencintai cowok keren lain di geng itu yang bernama Thomas. lalu cerita pun berlanjut... cerita yang teramat biasa.

tapi, halooo? lady gaga tidak akan memberikan suguhan yang biasa! dia akan memberikan suguhan yang luar biasa yang akan dilihat semua orang, disukai atau tidak disukai, semua orang akan memberikan komentarnya. Disitulah karya itu berhasil jadi bahan pembicaraan orang daripada tidak memiliki penilaian sama sekali. Lagipula, seni itu sesuatu yang bersifat subjektif. semua orang punya pendapat mereka masing-masing.

hasilnya? semua orang tau, dia itu Lady Gaga.

Tidak ada komentar: